Tuesday, April 7, 2009

Tips dapet beasiswa

Wew, senengnyaa...
Akhirnya phiser bisa connect ke internet dari rumah sendiri, hehe.
Jadi buat pembaca yang belum tau, slama ini phiser connect ke internet lewat warnet, hehe.
Jadi blog inipun bakal lebih sering phiser update, keys??

Btw neh, di sekolah phiser, sma negeri 5 surabaya yang tercinta, beberapa temen phiser pada ribut tentang sebuah program pertukaran pelajar. Namanya AFS, ada beasiswanya gitulah. Phiser sendiri juga kurang tau tentang itu, nanti de phiser cari tau.

Anyway, beberapa waktu yg lalu phiser njanjiin tips ndapetin beasiswa dari temen phiser yang namanya katya.
Ternyata cara dia nyari beasiswa pun juga nggak terlalu spesial kalo boleh dikata. Dia cuma nyaranin aja, yang penting itu harus ada tekad dan kemauan. Dengan kemauan, apa aja pasti bisa didapet (asal masuk akal, hehe)

Tapi buat temen2 yang masi bener2 ngeblank tentang cara ndapetin beasiswa, nih ada dikit tips dari katya :

-banyak2 cari info,
info ini bisa didapetin dari banyak media. misal, internet, koran, brosur, dll. Tapi kalo saran phiser si, paling efektif tuh lewat internet. Karena infonya slalu diupdate. Lain waktu phiser bakal kasih link2 situs yg bagus buat beasiswa.

-Datengin pameran pendidikan
Dateng ke pameran pendidikan sangat berguna sob! karna kita bakal dapet info langsung dari orang universitasnya. Tapi sebaiknya lancarin dulu kemampuan bahasa inggris kamu, karna universitas luar negeri yg bergengsi biasanya ngirim duta yg berbahasa inggris buat pameran pendidikan itu.

-cari temen yg satu tujuan
Artinya ya, sbaiknya kamu cari temen kamu yg juga minat cari beasiswa juga. Soalnya, ntar kamu bakal dapet kesempatan buat tuker opini, pengalaman, n pendapat ma dia. Lebih baik lagi kalo temen kita itu punya minat ke jurusan n universitas di negara yg sama, pasti lebih gampang.

Trus biasanya, ada beberapa syarat yg slalu diperlukan buat ndapetin beasiswa, diantaranya:
-Toefl min 500, ada yg minta 550
-nilai raport dan ijazah rata2 minimal 8.00. Tapi ada juga yg minta 8.50
-Test standart: matematika n b.inggris.

Well, keliatannya emang agak susah, tapi asal temen2 ada kemauan, pasti bisa kok.
Just believe in urself! :)

0 comments: